• The Google Platform
  • The Twitter Platform
  • The Facebook Platform

Welcome to our forums...

If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed.


Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 18
  1. #1
    Member Gaul
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Diatas Kasurmu Dibawah Ranjang Dia
    Posts
    612

    WAJIB MILITER DI INDONESIA, What Do u Think ??






    Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Keamanan Mayjen TNI Hartind Asrin mendukung rencana pemerintah yang sedang menggodok aturan wajib militer bagi PNS dan sipil. Menurut dia, wajib militer merupakan amanat Undang Undang Dasar (UUD) 1945, karenanya harus dilaksanakan.

    "Itu bagus, karena amanat UUD 1945," kata Hartind kepada Republika, Ahad (2/6).

    Dia menjelaskan, dalam alinea empat UUD 1945 disebutkan bahwa negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Selain itu, dalam Pasal 27 UUD 1945 juga disebutkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban membela negara.

    Dalam Pasal 30, Hartind melanjutkan, juga ditegaskan bahwa setiap warga negara berhak terlibat dalam sistem pertahanan negara. Menurut dia, Indonesia sudah tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Cina yang sudah memiliki sistem tersebut.

    Wajib militer bagi PNS dan sipil, Hartind melanjutkan, merupakan bentuk pencegahan terjadinya perang. Sekalipun, kata Hartind, tingkat keamanan Indonesia masih cukup stabil.

    "Ini untuk efek pencegahan. Orang akan segan ganggu kita karena kita sudah punya pasukan cadangan," katanya menjelaskan.

    Menurut dia, Indonesia bisa mengadopsi sistem wajib militer yang diterapkan Singapura. Di negara tersebut, PNS dan warga sipil diseleksi untuk masuk dalam pasukan cadangan yang diberi nama National Service.

    Mereka akan mengikuti pelatihan dasar selama satu bulan. Setelah itu, mereka bisa kembali ke pekerjaan masing-masing. Pasukan cadangan tersebut hanya digunakan sewaktu-waktu diperlukan. "Setahun sekali diadakan kembali pelatihan," ujarnya.

    Seperti diketahui, DPR RI sedang menggodok Rancangan Undang Undang Komponen Cadangan (Komcad) yang di dalamnya berisi peraturan soal wajib militer. Bagian RUU Komcad yang bicara soal wajib militer antara lain Pasal 6 ayat 3 dan Pasal 8 ayat 3.

    Pasal 6 ayat 3 RUU Komcad itu berbunyi, 'Komponen Cadangan disusun dalam bentuk satuan tempur yang disesuaikan dengan struktur organisasi angkatan sesuai masing-masing matra.'

    Adapun Pasal 8 ayat 3 berbunyi, 'Pegawai negeri sipil, pekerja, dan atau buruh yang telah memenuhi persyaratan wajib menjadi anggota komponen cadangan.'



    sumber

    gimana menurut kalian ? perlukah adanya wajib militer di negeri ini ? apa lagi wamil ini ampe 5 tahun
    " Judging Me By What I Do"

  2. #2
    Member Gaul
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Diatas Kasurmu Dibawah Ranjang Dia
    Posts
    612
    tambahan lagi cyin...


    Berdasarkan dokumen RUU Komcad yang diperoleh Liputan6.com, anggota komponen cadangan wajib mengikuti pelatihan untuk penyesuaian penugasan pada masing-masing matra yakni darat, laut, dan udara.

    Masa tugas anggota komponen cadangan itu nantinya akan berlangsung selama 5 tahun. Pemerintah dapat memperpanjang masa tugas itu atas berbagai macam dasar.

    Berikut pasal yang mengatur masa tugas anggota komponen cadangan:

    Pasal 16

    (1) Calon Anggota Komponen Cadangan yang sudah diangkat menjadi Anggota Komponen Cadangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 wajib mengikuti pelatihan untuk penyegaran dan penyesuaian dengan penugasan Komponen Cadangan pada masing-masing matra secara periodik.

    (2) Anggota Komponen Cadangan digolongkan berdasarkan pendidikan, pengalaman dan/atau peranannya dalam susunan tingkatan atau kepangkatan yang setara dengan kepangkatan prajurit TNI atau Komponen Utama.

    (3) Ketentuan lebih lanjut mengenai penggolongan Anggota Komponen Cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dengan Peraturan Menteri.

    Pasal 17

    (1) Anggota Komponen Cadangan wajib menjalani masa bakti Komponen Cadangan selama 5 (lima) tahun dan setelah masa bakti berakhir secara sukarela dapat diperpanjang paling lama 5 (lima) tahun.

    (2) Persyaratan untuk dapat diperpanjang adalah sebagai berikut:
    a. tenaganya masih diperlukan; b. sehat jasmani dan rohani;
    c. keinginan dan/atau kesediaan yang bersangkutan;
    d. tidak sedang menjalani hukuman penjara atau kurungan; e. tidak sedang dicabut haknya ikut serta dalam pertahanan negara; dan
    f. tidak dalam keadaan pemberhentian tidak dengan hormat dari instansi/badan swasta di mana yang bersangkutan bekerja.

    (3) Perpanjangan masa bakti sebagai Anggota Komponen Cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Menteri.

    Pasal 20

    (1) Calon Anggota Komponen Cadangan selama menjalani latihan dasar kemiliteran, memperoleh hak uang saku, perlengkapan perorangan lapangan, rawatan kesehatan, dan asuransi jiwa.

    (2) Anggota Komponen Cadangan selama menjalani dinas aktif, memperoleh hak sebagaimana hak yang diterima oleh anggota TNI.

    (3) Anggota Komponen Cadangan selama tidak dalam dinas aktif, memperoleh hak untuk mendapatkan rawatan kesehatan.

    (4) Ketentuan tentang hak calon Anggota Komponen Cadangan dan Anggota Komponen Cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Presiden.

    Pasal 22

    Anggota Komponen Cadangan yang memenuhi persyaratan dapat dianugerahi gelar, tanda jasa, dan/atau tanda kehormatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
    " Judging Me By What I Do"

  3. #3
    Member Eksis
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    street fashion
    Posts
    272
    bagus dong, jadi gue punya hak buat menyimpan setidaknya 1 jenis senjata api (sniper sih kalo bisa)
    I'm cold hearted, so what??

  4. #4
    Member Eksis
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    329
    kalo kata gw yah, bagus tuh. menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, biar ndak jadi teroris..

    ndak harus 5 tahun sih, 3 tahun udah cukup kok. ndak usa lama lama. paling efektif itu, pas anak2 kelar sma. jadi, masuk kuliah umur 20 ato 21 gitu.. jadi, masa muda anak anak di pupuk ke rasa cinta tanah air.

    kalo bisa, seluruh masyarakat ye, ntar anak2 pejabat, kabur ke LN lagi ntuk kuliah ato menghindar wamil

  5. #5
    Member Gaul
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Diatas Kasurmu Dibawah Ranjang Dia
    Posts
    612
    wahhhhh kalo yang rada2 belok pasti seneng dong yah wii... apalagi bobo dan mandi bersama.. yang ada malah rebutan tempat tidur, ada kecoak jerit2 tragis, jambak2an rebutan taruna
    " Judging Me By What I Do"

  6. #6
    kalo malah jadi latihan gratis para jihader gimana ??? ...
    once i asked God for a bike
    then i realize God doesn't work that way
    so i stole a bike
    and ask God for forgiveness

  7. #7
    Member Gaul
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Diatas Kasurmu Dibawah Ranjang Dia
    Posts
    612
    kalo UU ini gol bukan sekedar lip service di DPR, usia 17 ampe 40 yang diwajibkan ikut.. gue mikir juga cuy 5 tahun ?? itu bukan waktu yang sebentar, kalo cuma membentuk mental tangguh aja nda perlu ampe 5 tahun setahun dua taun kek koreyah sono
    " Judging Me By What I Do"

  8. #8
    Member Hot
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    batam
    Posts
    1,277
    yang gw takutin adalah karena wajib militer di bikin para ABG buat sok-sokan.. sok jago,.. gak ada wamil aja udah pada brutal gitu gimana kalo wamil? karena udah adat resam di indonesia kalo yang berseragam kayak gitu itu terkenal arogan dan soknya

  9. #9
    Member Aktif
    Join Date
    Apr 2013
    Location
    Atas Bawah OK..!
    Posts
    134
    wamil..?? apa seh wanita hamil ya
    GOYANG MAAAANG...!!!

  10. #10
    Member Gaul
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Diatas Kasurmu Dibawah Ranjang Dia
    Posts
    612
    masa sih jeung arogan.. hrrrrrrauwwwww tante suka yang arogan dan garang
    " Judging Me By What I Do"

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
 
vBulletin skin by CompletevB.com