Mengontrol perangkat Android dengan kepala mungkin terdengar aneh, tapi bagi seseorang yang tubuhnya tidak sempurna mungkin cara ini dapat membantunya menggunakan sebuah perangkat Android.

Beberapa dari kita mungkin pernah mengetahui ada cara mengontrol komputer dengan menggunakan mata. Sama halnya dengan cara tersebut, namun kali ini kita akan menggunakan seluruh kepala kita, bukan hanya dengan bagian tertentu dari kepala.

Misalnya saja, ada pengguna yang memiliki kelumpuhan pada bagian tangan, sehingga dia tidak dapat menggunakan tangannya untuk berinteraksi dengan ponsel Androidnya. Maka cara ini tentu akan sangat membantu.

Seperti biasa, cara yang akan kami jelaskan dibuat semudah mungkin agar dapat dipahami bagaimana langkah-langkah membuat perangkat Android agar dapat dikontrol menggunakan kepala.

1. Pertama yang perlu kita lakukan adalah mengunduh aplikasi bernama “ EVA Facial Mouse” dari Google Play. Aplikasi ini gratis, jadi kita dapat mencobanya tanpa perlu khawatir mengeluarkan biaya. Berikan akses keseluruhan pada saat memasang aplikasi ini.



2. Setelah aplikasi terpasang, jalankan. Akan ada permintaan untuk mengaktifkan akses, ijinkan dengan mengklik tombol Ok. Setelah itu akan terbuka tampilan penyetelan dari perangkat Android. Dibagian ini kita perlu mengaktifkan aplikasi EVA, setelah itu akan ada pertanyaan lagi, klik saja tombol Ok.



3. Ketuk tombol Next dua kali didalam aplikasi EVA Facial Mose, selanjutnya akan diperlihatkan sebuah pilihan, ketuk tombol Settings (penyetelan) yang di tengah layar. Maka akan terbuka menu utama Settings, cari menu Language & Input. Pilih Keyboard yang sekarang aktif, lalu pilih keyboard lainnya secara berdampingan.



Bagi yang telah menggunakan Android Nougat pada perangkatnya, dapat memilih Virtual Kerboards terlebih dahulu, disusul kemudian Managa Keyboards.

Lalu pilih EVA Keyboards dan aktifkan, pilihlah sebagai “current keyboard” dari pilihan menu. Dengan demikian kita telah mengaktifkan EVA Keyboard sebagai keyboard utama untuk setiap pengetikan.



4. Sebelum bisa menggunakan aplikasi EVA, kita perlu melakukan kalibrasi terhadap gerakan mouse pada layar perangkat. Untuk mengakses kalibrasi kita dapat membukanya melalui icon aplikasi atau menggunakan menu dari aplikasi terakhir, disini kita pilih EVA Wizard, kemudian ketuk tombol “back” dua atau tiga kali. Didalam EVA setup wizard kita akan dapat melihat sebuah “viewfinder” kecil. Atur jarak sekitar 30cm sampai dengan 50cm untuk mendapatkan kalibrasi yang sempurna. Setelah kita melihat pesan “Face Detected”, itu berarti kita dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.



5. Melalui setup wizard, kita dapat mengatur kecepatan pergerakan dan lain-lain. Pada tahap ini kita dapat melihat mouse bergerak mengikuti gerakan kepala kita. Cukup gerakan kepala kebawah, keatas, kekiri dan kekanan untuk mengarahkan mouse. Untuk memilih atau mengklik sebuah pilihan, arahkan mouse pada tombol tersebut beberapa saat, maka otomatis menu atau tombol akan diklik.

Begitulah cara-cara bagaimana kita bisa membuat perangkat Android dikontrol dengan menggunakan kepala kita. Mudah-mudahan informasi ini bisa memberikan tambahan wawasan dan juga solusi bagi yang saat ini tengah mencari solusi seperti yang telah diuraikan diatas.

Masyarakat Telematika Indonesia